Pentingnya Plumbing Pada Gedung Bertingkat

Pentingnya Plumbing Pada Gedung Bertingkat
Plumbing merupakan pengelolaan air pada bangunan yang berfungsi untuk mengatur penyediaan air bersih, air kotor, air buangan yang disalurkan melalui pipa, deemi kenyamanan penghuni gedung seperti aparteman, perkantoran, hotel dan gedung bertingkat, plumbing adalah faktor penting utama diperhatikan pengelolaannya.

Karena pentingnya plumbing pada sebuah gedung, dalam penerapan pemasangan awal, perlu sebuah disain yang dilakukan oleh engineering yang ahli untuk perumusan pekerjaan tersebut, agar terhindar dari kesulitan-kesulitan yang akan dihadapi kedepannya nanti, system plumbing ini sangat rawan terhadap kebocoran dan penyumbatan pada saluran pipa.

PemasanganΒ plumbingΒ perlu dilakukan secara sistematis dan cermat agar kebutuhan penghuni bangunan atas air dapat terpenuhi dengan baik secara berkelanjutan. Beberapa tahap penting yang dilakukan dalam instalasiΒ adalah sebagai berikut.

1.Instalasi Air Bersih

Sebelum penerapan pemasangan instalasi air bersih sektor utama adalah sumber air bersih itu sendiri, sumber air bisa didapatkan dari sumber air tanah atau bisa dari PDAM, Jika sumber air didapat dari tanah maka diperlukan hitungan secara detail untuk kebutuhan pemakaian air bagi penghuni.

Diagram isometric sangat diperlukan dalam pekerjaan plumbing untuk jalur instalasi pipa yang akan dipasang, sebagian instalasi air bersih dipasang didalam dinding-dinding gedung, agar terhindar dari kebocoran hendaknya diperhatikan speksifikasi material serta material bantu lainnya, kualitas material sangat menentukan hasil dari pekerjaan anda.

Dalam penerapan instalasi air bersih pada gedung bertingkat penstribusian air bersih harus melalui tahapan sebagai berikut

  • Ground tank

Ground Water Tank (GWT) berfungsi sebagai penyediaan air bagi reservoir atas yang kemudian pada akhirnya akan didistribusikan kepada pemakai. Oleh sebab pemakaian air selama sehari yang telah diketahui, maka reservoir bawah harus dapat menampung kebutuhan dalam satu hari. Namun selama pemakaian, reservoir bawah secara simultan akan mengalami pengisian dari sumur dalam (deep well). Berikut adalah perhitungan volume penyediaan air untuk reservoir bawah:

VGT = Total air bersih x (Safety factor)

GT = Volume Ground Tank

Safety factor = 20%

  • Roof Tank

Perhitungan Volume Reservoir Atas (Roof Tank) Reservoir atas berfungsi menampung air untuk kebutuhan puncak dan disediakan dengan kapasitas cukup selama jangka waktu kebutuhan puncak terjadi. jangka waktu yang dianggap cukup untuk pemakaian jam puncak pada kantor adalah 1 jam (Tp).

Pada saat bersamaan diperlukan pengisian tangki yang lebih cepat jangka waktunya dibandingkan jangka waktu pemakaiannya, oleh karena itu, waktu pengisian tangki ditetapkan selama 0,5 jam (TPU). Dengan demikian maka volume reservoir atas dapat dihitung menggunakan rumus berdasrkan (Noerbambang,2005):

Qr = π‘£π‘œπ‘™π‘’π‘šπ‘’ π‘”π‘Ÿπ‘œπ‘’π‘›π‘‘ π‘‘π‘Žπ‘›π‘˜ π‘—π‘Žπ‘š π‘˜π‘’π‘Ÿπ‘—π‘Ž Ø Qp = Qr x C1/Qmak = Qp x C2

Dimana :

VGT = Volume ground tank

Qr = Debit rata-rata (m3 /jam)

C1 = faktor jam puncak merupakan debit puncak pemakaian selama 1 jam dalam 1 hari (1,5 – 2 )

C2 = faktor menit puncak merupakan debit puncak pemakaian air selama 1 menit dalam 1 jam (3 – `4)

Qp = kebutuhan jam puncak

Qmax = kebutuhan menit puncak

Ve = (Qp – Qmax) x Tp + Qpu x TPU

Keterangan :

Ve = kapasitas efektif tanki atas (L)

QP = kebutuhan jam puncak (m3 / jam)

Qmax = kebutuhan menit puncak (m3 / jam)

Tp = jangka waktu kebutuhan puncak (jam)

Qpu = kapasitas pompa pengisi (m3 / jam)

TPU = jangka waktu kerja pompa pengisi (jam)

Itulah rumus untuk menentukan besaran roof tank yang akan dibutuhkan

  1. Instalasi Air Buangan

Air buangan atau sering disebut air limbah, adalah semua cairan yang dibuang, baik yang mengandung kotoran manusia, hewan, bekas tumbuh-tumbuhan, maupun yang mengandung sisa-sisa proses dari industri. Air buangan dapat dibagi menjadi:

-. Air bekas : air buangan yang berasal dari alat-alat plambing lainnya, seperti bak mandi (bath tub), bak cuci tangan, bak dapur dsb.

-. Air hujan : dari atap.

Air buangan yang berasal dari sink dapur, wastafel, floor drain kamar mandi. Air buangan ini termasuk air kotor tetapi bukan berasal dari kotoran manusia. Air bekas dari dapur biasanya masih mengandung lemak, bahkan kotoran berupa sisa makanan dari dapur. Sedangkan air bekas kamar mandi mengandung sabun.

Lemak dari air bekas dapur, antara lain berasal dari mentega, santan dan minyak goreng. Lemak ini menempel pada dinding pipa. Semakin lama, tempelan lemak menumpuk akan menjadi kerak yang sulit dihilangkan. Selain memancing tikus untuk datang, tumpukan lemak akan menyumbat.

Maka itu perlu dibuat bak penangkap lemak. Sebenarnya bak ini perlu disediakan di setiap rumah. Pemisahannya bisa menggunakan bak lemak yang terletak di luar bangunan tetapi jauh dari trap. Pada intinya, begitu air keluar dari sink langsung ditangkap oleh bak penangkap lemak.

  1. Instalasi Air kotor

Air kotor merupakan air bekas buangan dari klosed, air yang dihasilkan dari kotoran manusia di design secara khusus dalam pengelolaannya, untuk penampungan sederhana biasanya orang memakai sepic tank.

Namun untuk gedung bertingkat kebanyakan orang memakai system pengolahan air kotor seperti Β Sewage Treatment Plant (STP) yang berfungsi untuk mengolah air buangan agar tidak menghasilkan air limbah yang dapat mencemari lingkungan.

Fungsi Sistem STP adalah sebagai pengolahan air limbah rumah tangga Menggunakan sistem yang telah dirancang Baik lumpur aktif sistem extended aeration hingga kualitas air hasil Penguraian memenuhi baku mutu Standart Lingkungan Hidup.

Untuk mengaduk Aerasi dan mengolah air limbah hingga tidak mencemari lingkungan pada Proses Pengolahan air limbah domestik tersebut ditambahkan Unit turbojet aerator atau surface aerator

Pengolahan limbah Cair Domestik sistem stp Hotel Gedung dalam kapasitas besar disebut dengan Ipal komunal.

cara Kerja Sistem STP mirip dengan Ipal Rumah Sakit hanya saja yang diolah bahan organik dari Limbah cair Domestik Rumah Tangga.

Demikian uaraian system plumbing, kami akan menerangkan secara detail dengan artikel diluar ini fungsi dan penerapan masing-masing plumbing ini, dan jika anda membutuhkan jasa kontraktor untuk pekerjaan plumbing anda silahkan hubungi kami melalui kontak yang ada di website ini.