Cara Terminasi Kabel UTP Dengan Konnektor RJ 45

115
Cara Terminasi Kabel UTP Dengan Konnektor RJ 45
Kabel UTP merupakan kabel Eternet yang terkoneksi ke internet, Kabel ini dirancang khusus untuk memfasilitasi komunikasi yang mudah antara peralatan elektronik yang berbeda. Perangkat elektronik ini dapat berupa computer, mesin fax, printer

Untuk koneksinya, kabel UTP ini menggunakan konektor RJ-11 atau RJ-45. Pada twisted pair (10 Base T) network, komputer disusun membentuk suatu pola star. Setiap PC memiliki satu kabel UTP yang tersentral pada HUB.

Kabel UTP umumnya lebih handal (reliable) dibandingkan dengan thin coak karena HUB mempunyai kemampuan data error correction dan meningkatkan kecepatan transmisi. Saat ini, ada beberapa grade atau kategori dari kabel tersebut.

Agar bisa terkoneksi dengan baik yang perlu diperhatikan adalah cara melakukan terminasi pada kabel tersebut, nah kali ini saya akan memberikan info tentang cara mengcrimping kabel UTP. Ada beberapa material yang kita butuhkan antara lain adalah:

1. Kabel UTP

Cara Terminasi Kabel UTP Dengan Konnektor RJ 45

Sebelumnya saya pernah jelaskan apa itu kabel UTP jadi kabel lan terbagi menjadi 8 warna kabel yang berbeda-beda seperti gambar dibawah ini

2. KonnectorRJ45

Cara Terminasi Kabel UTP Dengan Konnektor RJ 45

Konnektor RJ45 ini akan digunakan sebagai kepala kabel UTP yang dipasang disetiap ujung kabel, berikut gambar konnektor RJ45 yang umum digunakan, meski sebenarnya banyak macam konnektor RJ45,

ada 2 tipe cara terminasi pasang konnektor RJ45 diujung kabel antara lain :

– Tipe Straight

Tipe ini sering digunakan untuk koneksi antara router adsl ke switch hub, atau bisa juga antara cpu ke switch hub , berikut gambar tipe straight :

dijelaskan digambar dibawah urutan kabel UTP tipe straight
1.Putih Orange
2.Orange
3.Putih Hijau
4.Biru
5.Putih Biru
6.Hijau
7.Putih Cokelat
8.Cokelat

– Tipe Cross

Tipe ini digunakan untuk koneksi antara CPU ke CPU (Komputer), atau Switch Hub ke Switch Hub, berikut adalah gambar tipe cross :

Cara Terminasi Kabel UTP Dengan Konnektor RJ 45

jika kepala konnektor sudah dipasangkan atau dimasukan ke kabel UTP yang sudah terpotong maka selanjutnya kita memperlukan material selanjutnya.

3. Crimping tool

Cara Terminasi Kabel UTP Dengan Konnektor RJ 45

Crimping tool ini digunakan untuk menjepit konnektor yang sudah dimasukan kabel lan seperti gambar kabel yang sudah dipasang kepala RJ45 dibawah ini :

nah kabel sudah dimasukan kedalam RJ45 dengan benar tinggal mengetes dengan lan tester gan,
berikut gambar Tester yang lumayan untuk belajar prakteknya

4.Tester Kabel Lan

Cara Terminasi Kabel UTP Dengan Konnektor RJ 45

Saat mengetes kabel UTP ini dalam tipe straight jika semua lampu nomor menyala semua,
mungkin cukup penjelasan atau info yang singkat ini, kurang lebih jika ada kekurangan mohon dimaafkan.

Selamat mencoba untuk belajar crimping atau terminasi kabel UTP nya.