Warning: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, function 'zexit_init' not found or invalid function name in /home/elconindotechnic/public_html/wp-includes/class-wp-hook.php on line 324
Perlukah Safety Valve Di Kalibrasi?
Sabtu, Februari 24, 2024
spot_img

Perlukah Safety Valve di Kalibrasi?

Safety valve sangat berguna untuk mempertahankan tekanan yang akan di distribusikan kejaringan pipa dalam sebuah proses. Agar operasi atau proses produksi tetap berjalan dengan aman, maka kelebihan tekanan yang timbul harus dikeluarkan dari sistem atau alat tersebut.

Safety valve wajib dipasang untuk menghindari over pressure atau kelebihan tekanan terjadi jika tekanan operasi melebihi batas atas tekanan operasi normal.

Sekarang saatnya Anda untuk lebih sadar terhadap bagaimana Anda melakukan perawatan terhadap equipment anda agar memiliki fungsi yang lebih akurat dengan melakukan  kalibrasi berkala pada safety valve Anda. Di sini, kita akan membahas tentang kalibrasi safety valve yang sesuai dengan standar yang berlaku secara nasional dan internasional.

Anda harus melakukan kalibrasi peralatan safety valve secara teratur karena diwajibkan oleh undang-undang. Persyaratan pengujian peralatan dapat bervariasi berdasarkan jenis sistem yang Anda gunakan serta berdasarkan industri dan lokasi.

Jika Anda ingin mengkalibrasi safety valve, Anda harus melakukannya di laboratorium kalibrasi yang sudah terakreditasi atau anda bisa meminta bantuan kepada perusahaan yang memiliki kualifikas dibidang tersebut, karena mereka paham betul dengan bagaimana untuk melakukan kalibrasi safety valve yang sesuai dengan standar.

Sebagian besar badan pengatur mengharuskan pemilik peralatan uji bertanggung jawab untuk memverifikasi bahwa peralatan safety valve sesuai dan dalam kondisi untuk digunakan.

Kalibrasi yang tepat adalah komponen kunci untuk memverifikasi kondisi tersebut untuk digunakan, dan karenanya harus diselesaikan sesuai dengan persyaratan kode, biasanya dalam kerangka waktu tahunan.

Untuk kalibrasi yang sesuai standar, safety valve akan dikalibrasi dengan rentang ukur 0bar ~ 20bar dengan menggunakan metode kalibrasinya yaitu EURAMET/cg.17/V.4.0(2019), 1 bar = 10⁵ Pa.

Tahapan Kalibrasi

Tahapan dalam kalibrasi safety valve melibatkan beberapa langkah penting untuk memastikan kinerja yang tepat dan keandalan katup keamanan. Berikut adalah tahapan umum yang akan ada dalam kalibrasi safety valve:

  • Persiapan
    Kumpulkan peralatan yang diperlukan untuk kalibrasi, termasuk peralatan pengukuran tekanan yang terkalibrasi, peralatan pengukur suhu (jika diperlukan), dan alat-alat yang sesuai dengan spesifikasi katup keamanan.
  • Pelaksanaan
    Jika semua persiapan sudah siap saatnya untuk melakukan kalibrasi safety valve yang sudah sesuai dengan metode dan juga rentang ukur yang diterapkan.
  • Penghitungan Data dan Ketidakpastian
    Dalam pelaksanaan kalibrasi, penghitungan data harus dilakukan. Lalu hitung juga ketidakpastian dari hasil kalibrasi yang bisa terjadi karena berbagai faktor.
  • Merancang dan Menerbitkan Laporan
    Dan terakhir adalah merancang semua hasil kalibrasi tersebut sehingga proses terakhirnya adalah dengan menerbitkan laporan kalibrasi safety valve.

Manfaat Kalibrasi Berdasarkan Standar

Safety valve yang Anda miliki adalah komponen utama dari apa yang Anda lakukan. Jika teknisi katup Anda tidak dapat melakukan pekerjaannya dengan baik, Anda kehilangan waktu, uang, dan kepercayaan pelanggan Anda.

Kalibrasi safety valve sangat penting untuk kemajuan dari sebuah industri dan juga memenuhi standar dan juga regulasi yang berlaku.

Jasa Kalibrasi Safety Valve Profesional di PT Elconindo Technic Solusi

Kami memiliki tenaga ahli, Jika Anda mencari jasa kalibrasi safety valve yang terpercaya. Silahkan hungi kami di nomor kontak yang ada di website ini.

Related Articles

Hot Topics

Sains & Teknologi

5 Smartwatch Garmin Cocok Untuk Wanita

Perusahaan smartwacth Garmin membuat beberapa jam tangan pintar terbaik...

Apple Rilis iPhone 15 dan 15 Pro, Cek Harga Disini

Apple akhirnya merilis jajaran iPhone 15 terbaru melalui event...

Dituding Sering Cemarkan Udara, PLN Jelaskan Kecanggihan Kendali Emisi

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) menjadi sorotan karena dituding...

Sutra Laba-Laba Lebih Kuat 3 kali lipat dari serat sintetis

Sutra laba-laba adalah salah satu biomaterial berserat luar biasa...

Starlink Milik Elon Musk Masuk Indonesia, Satelit Satria-1 Terancam

Satelit Low Earth Orbit (LEO) Starlink milik Elon Musk akan...

Dengan Teknologi MOXIE, NASA Berhasil Ciptakan Oksigen di Planet Mars

Penjelajah Perseverance NASA, yang mendarat di Planet Mars pada...

Body Battery Germin Dapat Memantau Energi Tubuh

Fitur Body Battery bekerja dengan terus menganalisis kombinasi detak...

Artikel Terkini