3 Jenis Flow Transmitter dan Cara Kalibrasinya

3 Jenis Flow Transmitter dan Cara Kalibrasinya
Dalam proses sebuah industri, , zat seperti gas, cairan, atau uap didistribusikan melalui pipa. Sifat-sifat fluida sangat berbeda dapat mempengaruhi aliran (flow) terhadap zat tersebut. Namun flow tersebut dapat di ukur melalui alat ukur dengan nama flow transmitter. Flow transmitter pada dasarnya adalah versi lanjutan dari flow meter. Flow meter hanya dapat memeriksa aliran fluida, sedangkan flow transmitter dapat mendeteksi input dan output aliran untuk mengontrol aliran fluida. Flow transmitter aliran ini dilengkapi dengan sirkuit elektronik, yang menghasilkan sinyal listrik dalam kisaran 4 hingga 20 mA atau 1 hingga 5V.

Kedua perangkat membutuhkan kalibrasi selama instalasi dan juga selama penggunaan. Ada beberapa manufaktur yang menawarkan flow transmitter berkualitas seperti pemancar aliran Rosemount, pemancar aliran Foxboro, dll. Setiap transmitter dikalibrasi secara berbeda. Namun, langkah dasar dari proses kalibrasi tetap sama. Artikel ini memperkenalkan berbagai proses kalibrasi flow transmitter.

Proses Kalibrasi Flow transmitter Menurut Jenis Transmitter

Ada tiga jenis utama flow transmitter yang digunakan saat ini dan mereka adalah pressure differential transmitter, magnetic flow transmitter, dan vortex flow transmitter. Ketiga jenis ini memerlukan sedikit kalibrasi yang rumit, yang dilakukan dengan menggunakan alat sepesial yang dinamakan fluid under test.

Fluid under test adalah transmitter terkalibrasi standar yang bekerja pada kondisi dan spesifikasi optimal. Perangkat ini digunakan sebagai titik perbandingan untuk kalibrasi transmitter yang beroperasi. Fluid under test yang digunakan untuk tujuan tersebut harus dikalibrasi dengan standar internasional atau nasional. Juga, itu harus memiliki kompatibilitas dengan cairan yang diuji.

Kalibrasi Differential Pressure Transmitter:

Meskipun namanya menunjukkan Differential Pressure Transmitter, pengukuran dilakukan berdasarkan fluktuasi aliran itu sendiri. Oleh karena itu, Differential Pressure Transmitter (DP) ini juga digunakan untuk pengukuran aliran.

Catatan: Laju aliran adalah akar kuadrat dari penurunan tekanan. Oleh karena itu, pembacaan laju aliran dapat dicapai dengan mengkuadratkan nilai tekanan diferensial yang tercatat.

Proses kalibrasi Differential Pressure Transmitter adalah sebagai berikut.

  1. Hubungkan transmitter DP yang beroperasi dan fluid under test atau kalibrator standar secara seri. Jalankan kedua pemancar secara bersamaan pada saluran pipa uji dengan tekanan yang sama.

2. Kalibrasi harus dilakukan di lima titik pemeriksaan, oleh karena itu, tandai 5 titik dengan spacer. 10%, 30%, 50%, 70%, dan 90% adalah poin pada bentang yang diambil sebagai lima pos pemeriksaan.

3. Ambil input di setiap titik untuk perangkat pemancar standar dan yang beroperasi.

4. Bandingkan pembacaan kedua perangkat di setiap titik. Jika ada perbedaan dalam dua pembacaan maka itu adalah faktor koreksi.

5. Tune parameter operasi pemancar DP sampai Anda mendapatkan faktor koreksi nol. Ulangi prosedur yang sama untuk semua 5 pos pemeriksaan. Setelah Anda mendapatkan kelima nilai faktor koreksi sebagai nol, maka perangkat dikalibrasi sepenuhnya. Namun, histeresis harus diperiksa karena perangkat elektronik dapat memberikan pembacaan yang berfluktuasi untuk pos pemeriksaan yang sama.

6. Nilai keluaran dari tekanan diferensial akan dicapai pada setiap titik. Kuadratkan nilainya untuk mendapatkan laju aliran di setiap titik. Nilai akhir laju aliran harus sesuai dengan parameter pabrikan asli, yang disebutkan dalam manual. Ini membantu cross-check kalibrasi akhir.

Kalibrasi Magnetic Flow Transmitter:

Cara kalibrasi Magnetic Flow Transmitter menggunakan cairan sebagai konduktor, oleh karena itu potensinya berbeda karena kecepatan fluida bervariasi.

  1. Kalibrasi Magnetic Flow Transmitter dilakukan dengan menggunakan kalibrator standar yang bertindak sebagai master meter untuk kalibrasi.
  2. Ambil lima sisi pemeriksaan.
  3. Hitung sinyal masukan. Nilai yang diperlukan disebutkan pada perangkat.
  4. 0 Sinyal Input= Rentang Atas x Faktor Kalibrasi x Faktor pita fase.
  5. Catat nilai keluaran pada 5 titik uji yang berbeda dan kemudian hitung penyimpangan dan akurasi.
  6. Deviasi = Nilai Teoritis- Nilai Aktual.
  7. 0 Akurasi= (deviasi/Span) x 100.
  8. Bandingkan akurasi dengan spesifikasi pabrikan dan sesuaikan pembacaan hingga Anda mendapatkan deviasi nol.

Kalibrasi Vortex Flow Transmitter:

Vortex Flow Transmitter berfungsi sesuai dengan frekuensi pelepasan titik. Dalam kalibrasi ini, sinyal pulsa input dan frekuensi aliran vertex output dibandingkan dengan kalibrator. Kalibrator di sini berfungsi sebagai kalibrator utama. Untuk melakukan kalibrasi flow vortex, langkah-langkah berikut harus diikuti.

Hitung Frekuensi Vortex Shedding:

  1. Frekuensi Pelepasan Vortex= Faktor referensi x Faktor Konversi x (Nilai rentang atas dalam galon AS/ Waktu)

2. Frekuensi pelepasan pusaran disajikan dalam pulsa per detik (PPS) dan nilai RF, CF, URV, disebutkan pada manual perangkat.

Setelah perhitungan frekuensi vortex shedding, atur span jumper pada 5 checkpoint. Hubungkan generator frekuensi di terminal input transmitter. Hubungkan output kalibrator secara seri dengan pemancar.

Selanjutnya, atur rentang halus dan lakukan penyesuaian dalam langkah-langkah berikut.

  1. Atur generator frekuensi pada nilai rentang atas, dan sesuaikan sekrup rentang halus hingga Anda mencapai nilai 100%. Kemudian sesuaikan nol pada nilai output.

2. Lepaskan generator frekuensi dan sambungkan kabel sinyal.

3. Kemudian sesuaikan nol ke nilai rentang yang lebih rendah. Sesuaikan nol, hingga input dan output cocok.

4. Lakukan proses ini untuk masing-masing dari 5 pos pemeriksaan untuk menyelesaikan kalibrasi.

Saat bekerja dengan flow transmitter Rosemount, Foxboro, dll., proses kalibrasi harus dilakukan sesuai dengan pedoman pabrikan.

Penting untuk mendapatkan kalibrasi instrument yang dilakukan oleh para ahli. Oleh karena itu, Anda harus bermitra dengan perusahaan seperti PT. Elconindo Technic Solusi. Perusahaan kami memiliki tenaga ahli yang handal dan berpengalaman, mempunyai alat kalibrasi yang lengkap. Perusahaan juga menyediakan layanan yang terkait dengan kalibrasi temperature dan pressure. anda bisa menghubungi kami melalui kontak kami yang ada di website ini.