Selain Telur, 6 Jenis Makanan Sehat Bagi Pekerja

Selain Telur, 6 Jenis Makanan Sehat Bagi Pekerja Lapangan
Bagi kita seorang pekerja dilapangan sangat membutuhkan energy yang besar, karena bekerja di lapangan lebih menguras tenaga, pikiran, dan waktu, tentunya tidak hanya menjaga kekuatan fisik dengan berolahraga saja, tapi juga perlu mengonsumsi makanan sehat supaya seimbang.

Dikutip dari berbagai sumber berikut ini, ada tujuh makanan sehat yang baik dikonsumsi oleh kalian pekerja lapangan.

  1. Buah bit

Buah bit adalah sayuran akar yang dikenal sebagai bit merah, bit tanaman, atau hanya bit.
Sebenarnya bit sendiri bukanlah buah, melainkan tanaman umbi-umbian yang disebut Amaranthaceae-Chenopodiaceae, tumbuhan yang masih satu keluarga dengan sayuran lobak, singkong, ubi, dan tanaman lainnya.

Buah bit mengandung hingga 1,7 mmol antioksidan per 3,5 ons atau sekitar 100 gram. Memiliki warna merah terang, bit termasuk dalam kelompok antioksidan yang disebut betalains.

Antioksidan sangat diperlukan oleh tubuh supaya terhindar dari radikal bebas, yaitu kerusakan sel yang berakibat mengundang penyakit seperti kanker.

Apa hubungannya dengan pekerja lapangan? Pekerja lapangan berisiko karena seringnya terpapar sinar matahari, polusi udara, asap rokok, asap kendaraan, yang mana risiko tersebut pemicu terjadinya radikal bebas.

2. Tomat

Tomat juga bisa menjaga keseimbangan gula darahmu, yang merupakan kunci penurunan berat badan. Mereka juga mengandung kromium, yang membantu mengatur kadar gula darahmu. Sifat antioksidan likopen bisa membantu menjaga kadar radikal bebas, melindungi tubuhmu dari masalah pernapasan.

tomat memiliki likopen yang mengandung  antioksidan, vitamin A, dan vitamin C yang dapat membantu melindungi tubuh dari serangan penyakit.

3. Ikan sarden

Makanan berkalsium tinggi yang lain yaitu ikan sarden. Dapat ditemukan dalam kemasan kaleng, ikan sarden memiliki kadar vitamin D dan kalsium yang sangat tinggi seperti yang dikutip melalui laman Health.

Sebagai pekerja lapangan yang banyak melakukan aktivitas fisik, meningkatkan masa otot dan tulang juga penting maka dari itu diharuskan untuk mengonsumsi makanan sehat dan berkalsium tinggi.

4. Semangka

Kurang konsentrasi hingga mudah lelah adalah dampak jika kalian kekurangan cairan tubuh alias dehidrasi. Hal tersebut harus dihindari oleh para pekerja lapangan, mengingat pekerjaan mereka yang dilakukan pada luar ruangan serta banyak gerak yang berpengaruh kurangnya kadar air pada tubuh.

Selain rutin minum air putih yang menjadi solusi utama dalam mengatasinya, semangka juga makanan sehat baik yang terhidrasi dan memberi rasa kenyang cukup lama.

Dikutip dari laman Healthline, semangka memiliki kadar air sekitar 92%. Semangka juga mengandung vitamin A, vitamin C, magnesium, dan rendah kalori.

5. Ubi jalar

Ubi jalar termasuk tanaman umbi-umbian yang penuh dengan gizi, ubi jalar berukuran sedang mengandung sekitar 23 gram karbohidrat, 3,8 gram serat, 28% dari RDI untuk makanan dan 438% dari RDI untuk vitamin A.

Kandungan tersebut dicerna oleh tubuh dengan ritme lambat sehingga dapat memberi kalian pasokan energi yang stabil. Selain itu, ubi jalar juga merupakan sumber makanan sehat yang baik dan membantu dalam pemecahan nutrisi untuk menghasilkan energi.

6. Bayam

Dikutip dalam laman Onhealth, Bayam adalah tanaman hijau yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta memberikan tubuh nutrisi yang diperlukan untuk pembelahan sel dan perbaikan DNA. Sebabnya, bayam mengandung folat, vitamin A, vitamin C, serat, magnesium, dan kaya zat besi yang diperlukan oleh tubuh kita.

Nah, itu tadi tujuh makanan sehat yang baik dikonsumsi oleh pekerja lapangan. Selain mengonsumsi tujuh makanan sehat yang disarankan tadi, kalian juga harus menjaga pola makanan sehat dan gaya hidup yang sehat supaya menjadi pekerja lapangan yang sukses.