Cara Bending Pipa Tubing SS304/316 Dengan Benar

Pipa tubing adalah sejenis pipa dari bahan stainless steel  dengan speksifikasi ASTM A269, bagi industri pipa ini sangat diperlukan untuk inpus line untuk alat ukur instrumentation, Seperti contoh yang sering kita ketahui bahwa bagian dari sebuah proses industri, seorang operator ingin mengetahui aliran liquid pada sebuah pipa, maka perlunya alat ukur.

Pipa tubing akan digunakan sebagai penghubung antara pipa proses dengan alat ukur, sehingga operator bisa memantau flow yang dilalui dalam proses tersebut, kita tidak membahas mengenai system proses tersebut, tetapi kami hanya ingin membahas cara untuk instalasi tubing dari pipa proses ke alat ukur.

Sebelum kita melakukan sebuah instalasi pipa tubing pada sebuah alat ukur, sebaiknya diketahui dulu karakter dari alat ukur tersebut, jika yang di ukur flow jelas adanya H dan L, seperti gambar di bawah ini:

Cara Bending Pipa Tubing SS304/316 Dengan Benar

Berikut ini adalah langkah-langkah singkat bagaimana cara menggunakan bender tangan, langkah-langkah di sini mungkin berbeda dengan bender jenis/merk lain. Silakan pelajari instruction manual bender yang Anda gunakan untuk familiarisasi dan latihan.

Cara Menggunakan Bender Tangan:

Cara Bending Pipa Tubing SS304/316 Dengan Benar

Seperti terlihat di gambar di bender sudah ada angka-angka yang jelas, di bender yang melengkung kita bisa lihat angka 0, 45, 90, 135, 180, angka tersebut berguna untuk berapa degre tubing yang akan kita bending.

Dan padan handle bending juga tertera angka 0, 45 dan huruf R dan L, angka dan huruf tersebut berfungsi sebagai:

  1. Angka 0

Pada saat pipa bending sudah terpasang di bender maka angka 0 hendle harus sejajar dengan angka 0 yang ada pada bender yang melengkung.

2. Huruf R

Jika kita mengambil ukuran dari pipa yang tidak bergerak (diam) maka pipa yang sudah kita tandai sesuai ukuran yang kita inginkan maka posisikan garis tersebut di posisi R.

3. Huruf H

H adalah kebalikan dari R, jika ukuran yang kita inginkan berada di pipa tubing yang bergerak maka tanda tersebut diposisikan di R.

4. Angka 45

Angka 45 berfungsi jika kita melakukan bending dengan tekukan 45 degre.

Sangat mudah bukan?, semoga bermanfaat.