Pentingnya Fire Hydrant Sebagai Alat Pemadam Kebakaran

Pentingnya Fire Hydrant Sebagai Alat Pemadam Kebakaran
Antisipasi terjadinya kebakaran pada sebuah bangunan, pentingnya menyiapkan satu sistem pemadam kebakaran yang menghubungkan sumber air dengan lokasi kebakaran sehingga air dapat didistribusikan untuk memadamkan apiFire hydrant dapat memadamkan api tanpa perlu khawatir akan kekurangan pasokan air.

Fire hydrant adalah sebuah instalasi perpipaan air bertekanan tinggi yang fungsinya untuk membantu memadamkan api di sebuah gedung atau bangunan. Sistem proteksi kebakaran ini digunakan jika alat pemadam api ringan (APAR) tidak mampu mengatasi kebakaran.

Fire hydrant memiliki dua jenis, yaitu Hydrant Pillar dan Hydrant Box. Biasanya instalasi sistem hydrant terletak pada area yang mudah dilihat dan memiliki warna yang mencolok, yaitu warna merah. Hal ini bertujuan agar hydrant mudah ditemukan saat dalam keadaan darurat atau kebakaran. Penampatan hydrant yang strategis harus berada pada area atau lokasi yang dapat menjangkau seluruh wilayah apabila sewaktu-waktu terjadi kebakaran.

Dalam Sistem Fire Hydrant juga memiliki sebuah ground tank atau water reservoir yang menampung air untuk suplai hydrant. Saat terjadi kebakaran, air pada water reservoir akan dialirkan ke jaringan perpipaan yang dikendalikan oleh pompa.

Setelah melewati jaringan perpipaan, selanjutnya air akan sampai pada komponen output berupa hydran pillar. Setelah air sampai di hydrant pillar, selanjutnya dapat dialirkan ke lokasi kebakaran menggunakan komponen penunjang lain, seperti fire hose, nozzle, dan hydrant valve.

Hose nozzle digunakan untuk membantu menyemprotkan media air bertekanan ke sumber api. Komponen ini disambungkan dengan fire hose atau selang pemadam kebakaran yang sudah dihubungkan dengan hydrant pillar. Melalui serangkaian komponen hydrant inilah api kebakaran bisa dipadamkan.

Adapun jenis komponen hydrant, pengertian, dan fungsinya adalah sebagai berikut:

  • Hydrant Pump
    Pengertian hydrant pump dan fungsinya adalah komponen pada instalasi hydrant yang bekerja untuk mengantarkan air dari water reservoir menuju ke hydrant pillar. Pompa hydrant terdiri atas tiga jenis, yaitu jockey pump, electric pump, dan diesel pump.
  • Control Panel
    Pengertian Panel kontrol hydrant dan fungsinya adalah komponen hydrant yang digunakan untuk mengontrol jalannya pompa hydrant. Tekanan pompa hydrant bisa diatur secara otomatis atau manual menggunakan komponen ini.
  • Hydrant Box Unit
    Pengertian Hydrant box dan fungsinya adalah komponen yang digunakan sebagai tempat untuk menyimpan aksesoris fire hydrant. Mulai dari hose nozzle, fire hose, hydrant valve, dan hose rack. Aksesoris tersebut digunakan untuk membantu mengalirkan air dari hydrant pillar ke sumber kebakaran.
  • Hydrant Pillar
    Setelah air pada water reservoir dipompa oleh hydrant pump, air akan diarahkan menuju ke hydrant pillar. Pengertian hydrant pillar dan fungsinya adalah komponen yang menjadi jalan keluar untuk mengalirkan air ke lokasi kebakaran.
  • Water Reservoir
    Pengertian water reservoir sering disebut juga dengan istilah ground tank yang berfungsi sebagai tandon air untuk menampung persediaan air yang dibutuhkan oleh fire hydrant. Komponen ini biasanya terletak di bawah tanah, namun ada juga yang berada di atas tanah.

Agar terhindar dari kesalahan dalam melakukan sebuah instalasi hydrant, disarankan memakai jasa instalasi uang berpengalaman, kami siap membantu anda dan silahkan hubungi kami melalui kontak yang ada di website kami ini.