Kalibrasi Flow Transmitter Jenis Diferensial

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Kalibrasi Flow Transmitter Jenis Diferensial
Dalam aplikasi industri dan domestik, zat seperti gas, cairan, atau uap didistribusikan melalui pipa. Sifat-sifat fluida sangat berbeda dan ini mempengaruhi laju alirannya juga. Flow Meter dan Flow Transmitter digunakan di seluruh industri untuk mengukur aliran gas, serta cairan dalam pipa.

Flow Transmitter pada dasarnya adalah versi lanjutan dari Flow Meter. Flow Meter hanya dapat memeriksa aliran fluida, sedangkan Flow Transmitter dapat mendeteksi input dan output aliran untuk mengontrol aliran fluida.

Flow Transmitter ini dilengkapi dengan sirkuit elektronik, yang menghasilkan sinyal listrik dalam kisaran 4 hingga 20 mA atau 1 hingga 5V. Kedua perangkat membutuhkan kalibrasi selama instalasi dan juga selama penggunaan.

Ada beberapa manufaktur yang menawarkan Flow Transmitter berkualitas seperti Rosemount, Foxboro, dll. Setiap Transmitter dikalibrasi secara berbeda. Namun, langkah dasar dari proses kalibrasi tetap sama. Posting ini memperkenalkan berbagai proses kalibrasi Flow Transmitter.

Proses Kalibrasi Flow Transmitter Menurut Jenis Flow

Ada tiga jenis utama Flow Transmitter yang digunakan saat ini seperti Flow Transmitter Diferensial, Flow Transmitter Magnetik dan Flow Transmitter Vortek. Ketiga jenis ini memerlukan sedikit kalibrasi yang rumit, yang dilakukan dengan menggunakan meteran master.

Master meter adalah Transmitter terkalibrasi standar yang bekerja pada kondisi dan spesifikasi optimal. Perangkat ini digunakan sebagai titik perbandingan untuk kalibrasi Flow yang beroperasi. Meteran induk yang digunakan untuk tujuan tersebut harus dikalibrasi dengan standar internasional atau nasional. Juga, itu harus memiliki kompatibilitas dengan cairan yang diuji.

Kalibrasi Flow Transmitter Diferensial:

Ikuti Standar Prosedur untuk melakukan kalibrasi

Transmitter DP Calibration 001

Transmitter DP Calibration 002

Transmitter DP Calibration 003

Meskipun namanya menunjukkan Flow Transmitter diferensial, pengukuran dilakukan berdasarkan fluktuasi aliran itu sendiri. Oleh karena itu, Flow Transmitter (DP) ini juga digunakan untuk pengukuran aliran.

Catatan: Laju aliran adalah akar kuadrat dari penurunan tekanan. Oleh karena itu, pembacaan laju aliran dapat dicapai dengan mengkuadratkan nilai tekanan diferensial yang tercatat.

Proses kalibrasi Flow Transmitter diferensial adalah sebagai berikut:

DP Instrument 2
Foto Istimewa

Hubungkan Transmitter DP yang beroperasi dan meteran master atau kalibrator standar secara seri. Jalankan kedua pemancar secara bersamaan pada saluran pipa uji dengan tekanan yang sama.

Kalibrasi harus dilakukan di lima titik pemeriksaan, oleh karena itu, tandai 5 titik dengan spacer. 10%, 30%, 50%, 70%, dan 90% adalah poin pada bentang yang diambil sebagai lima pos pemeriksaan.

Ambil input di setiap titik untuk perangkat pemancar standar dan yang beroperasi. Bandingkan pembacaan kedua perangkat di setiap titik. Jika ada perbedaan dalam dua pembacaan maka itu adalah faktor koreksi.

Tune parameter operasi Transmitter DP sampai Anda mendapatkan faktor koreksi nol. Ulangi prosedur yang sama untuk semua 5 pos pemeriksaan. Setelah Anda mendapatkan kelima nilai faktor koreksi sebagai nol, maka perangkat dikalibrasi sepenuhnya. Namun, histeresis harus diperiksa karena perangkat elektronik dapat memberikan pembacaan yang berfluktuasi untuk pos pemeriksaan yang sama.

Nilai keluaran dari tekanan diferensial akan dicapai pada setiap titik. Kuadratkan nilainya untuk mendapatkan laju aliran di setiap titik. Nilai akhir laju aliran harus sesuai dengan parameter pabrikan asli, yang disebutkan dalam manual. Ini membantu cross-check kalibrasi akhir.

Begitulah cara-cara melakukan kalibrasi Flow Transmitter jenis Diferensial semoga bermanfaat, Kami siap membantu anda jika Flow Transmitter anda perlu dikalibrasi

Leave a Replay

Company Management Information

Komitmen Kami

– Sertifikat Penghargaan

– Tata Kelola Perusahaan

– Jamsostek

– Tool & Equipment

Anda Butuh Informasi Tentang Kami Silahkan Hubungi:

Project Monitoring And Evaluation