Safety Shoes APD Yang Wajib Digunakan Pekerja Di Lapangan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Safety Shoes APD Yang Wajib Digunakan Pekerja Di Lapangan
Safety Shoes merupakan salah satu dari APD yang wajib digunakan oleh setiap pekerja lapangan dengan kondisi lingkungan yang tidak aman dilokasi pekerjaan. Namun tidak banyak dari perusahaan atau karyawan yang memperhatikan hal ini. Kecelakaan kerja dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Membekali diri dengan alat keselamatan kerja adalah hal yang mutlak dipakai oleh setiap pekerja.

Safety Shoes ini merupakan alat keselamatan kerja wajib digunakan untuk melindungi diri dari bahaya – bahaya yang mengancam para pegawai. Maka dari itu hendaknya perusahaan maupun para pekerjanya itu sendiri lebih memperhatikan keselamatan kerja.

Penggunaan Safety Shoes untuk pekerja sangat dianjurkan, bahkan badan keselamatan kerja dunia mewajibkan para pegawai menggunakan sepatu safety untuk melindungi diri dari bahaya saat bekerja.

Berikut ini adalah manfaat menggunakan safety shoes :

1.Melindungi dari Benda Tajam dan Berbahaya

Untuk seorang yang bekerja di ruang berbahaya, sepatu safety adalah salah satu diantara Alat Pelindung Diri (APD) yang harus dipakai oleh pekerja yang kemungkinan dapat terkena pecahan kaca, besi ataupun serpihan yang lain yang pastinya sangat membahayakan telapak kaki.

2.Mencegah Kecelakaan Kerja yang Fatal

Bukan sekedar melindungi telapak kaki saja, sepatu safety juga dapat mengurangi resiko kecelakaan kerja fatal seperti kejatuhan benda – benda berat. Safety shoes juga memiliki kemampuan yang cukup kuat dalam menahan berat, sehingga resiko patah tulang atau masalah yang lain dapat diminimalisir.

3.Membuat Perlindungan dari Benda Panas

Di bagian atas dan samping sepatu safety tidak hanya terbuat dari bahan kulit saja, namun juga dibuat dari bahan metal yang tebal. Dengan hal tersebut sepatu ini dapat melindungi kaki pada benda – benda yang panas. Benda – benda yang panas banyak dihasilkan di ruang seperti pabrik las listrik, pengelolaan lampu dan yang lain.

4.Melindungi dari Cairan Kimia Berbahaya

Kita semua mengetahui bahwa cairan kimia sangat berbahaya. Secara otomatis kita tidak ingin apabila bagian kaki kita terkena cairan tersebut. Maka dari itu penggunaan safety shoes pada para pekerja di laboratorium sangat disarankan.

5.Membuat Pengguna Tidak Terpleset

Sepatu safety terbuat dari bahan karet yang di design sedemikian rupa sehingga sepatu dapat diandalkan pada permukaan licin. Dengan demikian, memakai sepatu safety lebih memudahkan para pekerja untuk lebih mudah dalam melakukan pekerjaannya.

Safety Shoes ini terbuat dari berbagai bahan baku seperti upper cap terbuat dari kulit sapi asli, dan sintetis, dan ada yang terbuat dari imitasi. Sedangkan untuk sole nya terbuat dari beberapa bahan diantaranya :

1.Rubber Sole

Sole jenis ini lebih kuat dan lentur dibandingkan bahan yang lain. Biasanya disamping sole ditambah jahitan, dilem dan dipress. Sole bahan rubber juga tidak ada masa expirednya. Tetapi kekurangan dari jenis sole ini adalah lebih licin dan lebih berat.

2.PU (Polyurethane)

Sole jenis ini tahan terhadap minyak (oil resistant), anti slip dan lebih ringan. Kekurangan pada sol PU adalah mempunyai masa expired date, jika sole lama tidak digunakan maka akan mudah hancur

3.TPR (Thermo Plastic Rubber)

Sole dengan bahan ini adalah campuran dari plastik dan rubber. Kelebihan pada sole ini adalah lebih ringan, lebih kesat jika dipakai di tempat yang berair misalkan kitchen. Kekurangan dari sole ini adalah kurang elastis.

4.PVC (Polyvinyl Chloride)

Terbuat dari lebih banyak bahan plastik dan sedikit karet. Kelebihan dari jenis sole ini adalah lebih ringan dan keras. Untuk kekurangannya adalah licin dan kurang elastis.

Proses pembuatan sepatu berbeda – beda dari setiap sepatu safety, yang paling baik adalah dengan menggunakan mesin secara automatis, seperti pemotongan kulit, assembly sole injection atau moulding karena lebih rekat dan tahan air, tetapi ongkos produksi untuk pengadaan mesin sangat mahal sehingga harga jual sepatu jauh lebih mahal dibandingkan dengan semi auto ataupun manual.

Biasanya pada assembly sole tidak ada tambahan jahitan sehingga rentan solenya cepat lepas. Sedangkan kelebihan dari manual atau handmade adalah hasil produknya bisa lebih kuat tergantung dari cara memprosesnya, contohnya assembly sole yang dilem, dipress dan ditambah jahitan sehingga akan lebih kuat. Kekurangan dari pembuatan manual adalah design yang kaku atau tidak fashionable dan hasil pengerjaan sedikit kasar karena pemotongan kulit dan proses lainnya dilakukan secara manual. Kelemahannya jika terlalu lama dikubangan air maka air akan meresap kedalam melalui pori – pori jahitan.

 

Sumber : rangkuman berbagai sumber

Leave a Replay

Company Management Information

Komitmen Kami

– Sertifikat Penghargaan

– Tata Kelola Perusahaan

– Jamsostek

– Tool & Equipment

Anda Butuh Informasi Tentang Kami Silahkan Hubungi:

Project Monitoring And Evaluation