Terminasi Kabel 20 kV Dengan Elastimold

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Terminasi Kabel 20 kV Dengan Elastimold
Terminasi dengan Elastimold adalah Salah satu aksesoris listrik / clamp grounding untuk mengelola koneksi kabel bawah tanah di industri dan sekarang termasuk switchgear bawah tanah dan reclosers overhead.

Untuk teknik terminasi sudah lengkap ada pada buku manual book yang didapat dalam kotak/kardus dari terminasi tersebut yang menjabarkan langkah demi langkah. Namun dilapangan ada beberapa kendala yang terjadi sehingga hasil dari terminasi tidak bisa maksimal.

Seperti pada saat menyambungkan kabel ke dalam plat cooper kubikel kabel sering ditekuk untuk mengikuti kontruksi kabel dan kadang-kadang posisi lubang skun kabel tidak sesuai dengan posisi lubang baut plat cooper kubikel, sehingga lubang skun diputar paksa dengan obeng atau alat semacamnya yang mengakibatkan isolasi terminasi semakin menjadi strees. Dengan demikian akan menurunkan kualitas dari tahanan isolasi terminasi tersebut.

Tujuan:

Tujuan utama dari terminasi adalah untuk memecah stress tegangan pada ujung kabel dan mencegah material luar seperti air masuk ke dalam kabel.

Termination Kabel Elastimol adalah Aksesoris Kabel atau Lengkapan Kabel atau Terminasi Kabel yang merupakan jenis material yang sangat diperlukan untuk melengkapinbagian sisi kabel yang sifatnya disesuaikan dengan sisi kabel yang di perlukan.

1.Lakukan pengupasan Kabel sesuai ukuran berikut, pada pelaksanaannya ikuti langkah-langkah di bawah ini. Untuk beberapa ukuran bisa fleksibel sesuaikan dengan kondisi dilapangan.

Elastimol Termination

2.Setelah kabel dikupas alangkah baiknya di uji tahanan isolasinya dahulu cukup dengan tegangan 5-10 kV DC. Jika hasilnya bagus (> 20 Mega Ohm) maka terminasi bisa dilanjuttkan, jika tidak kemungkinan kabel tersebut ada kerusakan. Referensi minimum uji tegangan tembus 1 kV = 1 Mega Ohm.

Elastimol Megger

3.Setelah selesai ukur tahanan isolasi kabel tersebut menggunakan tegangan 5-10 kV DC. dan lakukan terminasi kabel sesuai urutan-urutan yang telah ditentukan di manual book.

4.Pemasangan Grounding sangat penting dalam terminasi kabel.

Elastimold Grounding

4.Pemasangan kabel di Cubical.

Elastimol Installation

Elastimol Terbagi menjadi tiga bagian:

– Elastimold Underground Aksesoris Kabel: Tersedia dari 5kV ke 138kV, menghubungkan, tanah, sambatan, menghentikan dan melindungi kabel bawah tanah.

– Elastimold Sekring: Dengan mengganggu kemampuan hingga 50.000 amp, secara substansial mengurangi passthrough energi untuk meminimalkan risiko bencana kegagalan.

Elastimold Switchgear: Compact, dan desain modular dengan jejak kaki kecil mengizinkan perakitan lapangan di dalam kubah ketat.

Kesalahan-kesalahn kecil yang sering terjadi pada saat proses penyambungan seperti : pengepresan join slave yang tidak sempurna (tidak sesuai dengan standart PLN), masih adanya pita isolasi yang tidak terlilit/tersambung dengan sempurna yang mengakibatkan ketebalan pada sambungan menjadi tidak merata, dan lainnya.

Kami juga melayani pekerjaan terminasi, megger test, dan Hi-Pot test untuk seluruh Indonesia.

Leave a Replay

Company Management Information

Komitmen Kami

– Sertifikat Penghargaan

– Tata Kelola Perusahaan

– Jamsostek

– Tool & Equipment

Anda Butuh Informasi Tentang Kami Silahkan Hubungi:

Project Monitoring And Evaluation