Pengaruh Warna Safety Helmet Berdasarkan Jabatan Seseorang

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Pengaruh Warna Safety Helmet Berdasarkan Jabatan Seseorang
Kita pasti sering melihat para pekerja memakai safety helmet keselamatan dengan warna yang berbeda-beda. Apakah helm proyek dipilih berdasarkan selera pekerja atau ada makna tersendiri dibalik warna helm keselamatan?

Disini kita akan bahas, kenapa sih, kok safety helmet yang dipakai berbeda warnanya dengan yang kita pakai, nah!!!…admin akan terangkan bahwasanya warna helm safety yang dipakai untuk mencerminkan posisi atau jabatan orang itu.

1.Warna Putih

Helmet warna putih ini dipakai oleh para pimpinan yang terlibat didalam sebuah pekerjaan seperti manajer, pengawas pekerjaan, insinyur, dan mandor di lapangan.

2.Warna Biru

Helm keselamatan warna biru biasanya dipakai oleh site supervisor, pekerja yang berhubungan dengan kelistrikan, operator teknis pengawas sementara. kenyataan di lapangan, helm ini lebih sering di gunakan oleh operator alat-alat berat seperti buldozer, forklit, dan crane.

3.Warna Kuning

Helm keselamatan warna biasanya dipakai oleh operator, sub kontraktor dan pekerja umum.

4.Warna Merah

Warna ini dipakai oleh safety officer yang mempunyai tanggung jawab untuk memeriksa sistem keselamatan sudah terpasang dan berfungsi sesuai dengan standard yang telah ditetapkan.

5.Warna Orange

Warna tersebut diperuntukkan bagi visitor (Tamu) perusahaan yang melakukan kunjungan atau melakukan survey pekerjaan.

6.Warna Coklat

Untuk warna yang satu ini biasanya dikenakan oleh tukang las atau pekerja yang berhubungan dengan panas tinggi.

Manfaat dan Kegunaan Safety Helmet
Sebenarnya manfaat dan kegunaan utama dari helm safety sendiri yaitu untuk melindungi kepala si pekerja, supaya bisa terhindar dari kejatuhan barang dan yang lain, dan meminimalisir cedera yang akan menerpa si pekerja tersebut. Kegunaan helm safety sangat dibutuhkan oleh beberapa pekerja yang bekerja di daerah kerja seperti tambang minyak, pabrik, proyek pembangunan gedung dan berbagai hal yang lain.

Dan pemakaian safety helmet di areal kerja yang penuh resiko seperti itu adalah wajib karena fungsi utamanya untuk pelindung diri. Karena potensi kemungkinan yang cukup besar dan datang dari atas kepala banyak sekali terjadi di lingkungan kerja seperti itu. Hingga keberadaan alat keselamatan kerja seperti helm proyek ini sangat penting.

Untuk hal penggunaan safety helmet sendiri sangat sering terjadi berbagai macam insiden kecil ataupun besar seperti benturan atau tertimpa benda yang jatuh. Setelah berlangsung hal seperti itu biasanya helm safety akan mengalami sedikit kerusakan, atau tingkat kelayakannya yang berkurang untuk kembali digunakan.

Sebaiknya sekecil apa pun kerusakan yang ada pada helm safety, sangat disarankan untuk diganti dengan helm safety yang baru. Dan jangan memakai helm safety yang sudah ada cacat atau kerusakan, karena akan berakibat fatal juga, dan bahkan juga menghilangkan manfaat yang sebenarnya untuk pelindung diri.

Semoga artikel kesempatan ini yang membahas tentang Fungsi Helm Safety sebagai Alat Keselamatan Kerja bisa membantu anda, semoga bermanfaat.

Leave a Replay

Company Management Information

Komitmen Kami

– Sertifikat Penghargaan

– Tata Kelola Perusahaan

– Jamsostek

– Tool & Equipment

Anda Butuh Informasi Tentang Kami Silahkan Hubungi:

Project Monitoring And Evaluation