Teknik Membuat Panel LVMDP, Serta Fungsinya

111
Teknik Membuat Panel LVMDP, Serta Fungsinya
Foto Dokumentasi pekerjaan PT. Elconindo Technic Solusi
Sebelum kita membuat panel LVMDP ada baiknya kita memahami terlebih dahulu tingkatan klasifikasi tegangan arus listrik. Tegangan listrik merupakan beda potensial antara dua titik. Tegangan listrik dibangkitkan dari pembangkit listrik. Dikenal berbagai klasifikasi jenis tegangan, yaitu tegangan sangat rendah, tegangan rendah, dan lain-lain.

Panel LVMDP adalah kependekan dari Low Voltage Main Distribution Panel, berarti panel LVMDP ini bekerja pada tegangan rendah dan berfungsi sebagai pembagi utama daya untuk seluruh instalasi feeder yang dilayaninya.

Ada juga orang menyebut MDP (Main Distribution Panel) atau lebih dikenal dengan nama PUTR (Panel Utama Tegangan Rendah) adalah induk kendali atau pusat kendali tenaga listrik dalam satu bangunan, baik bangunan berupa perkantoran, pergudangan, apartement, hotel, pabrik, maupun hunian rumah.

Selain itu untuk menentukan besaran kapasitas komponen yang kita gunakan hendaknya dihitung consumption load untuk kebutuhan daya sehingga nantinya beban yang dipakai mampu ditampung oleh main breaker yang akan kita pasang sebagai tumpuan utama pada panel tersebut.

Selain consumption load kita juga diharuskan untuk membuat design panel sehingga nantinya bisa menentukan besaran ukuran box panel dan menata letak equipment yang akan kita pasang, sehingga panel terlihat lebih rapi.

Berikut ini merupakan komponen komponen pada panel LVMDP yang sering digunakan:

1.Box panel

Box panel digunakan untuk penempatkan semua peralatan listrik yang akan digunakan, Ada beberapa box panel sudah tercantumkan proteksi terterhadap debu dan air (IP) yang terdapat dalam tulisan kami sebelumnya yang berjudul KODE IP (International Protection),  proteksi kekuatan mekanik (IK) dan sertifikasinya.

2.Air Circuit Breaker (ACB)

Air Circuit Breaker (ACB) adalah jenis penutup sirkuit dengan sarana pemadam busur api berupa udara. ACB bisa dipakai pada tegangan rendah serta tegangan menengah. Udara pada tekanan ruang atmosfer dipakai sebagai peredam busur api yang timbul akibat prosess witching ataupun gangguan.

3.Main BusBar

Besaran ukuran Main busbar harus diseimbangi dengan kapasitas Main Breaker yang kita pasang, dan anda bisa lihat cataloque, ukuran busbar sangat penting diperhatikan jika ukuran busbar lebih kecil maka akan mengakibatkan suhu panel akan sangat panas.

4.Oil Circuit Breaker (OCB)

OCB atau Oil Circuit Breaker merupakan jenis penutup sirkuit yang memakai minyak sebagai sarana pemadam busur api yang timbul saat terjadi gangguan. Bila terjadi busur api pada minyak, maka minyak yang dekat busur api akan berubah menjadi uap minyak serta busur api akan dikelilingi oleh gelembung gelembung uap minyak dan gas. Gas yang terbentuk tersebut memiliki sifat konduktivitas termal yang baik dengan tegangan ionisasi tinggi sehingga baik sekali dipakai sebagi bahan media pemadam loncatan bunga api.

5.Moulded Case Circuit Breaker (MCCB)

Moulded Case Circuit Breaker (MCCB) adalah alat pengaman yang dalam proses operasinya memiliki dua kegunaan yakni sebagai pengaman serta sebagai alat penghubung. bila dilihat dari segi pengaman, maka MCCB bisa berfungsi sebagai pengaman gangguan arus hubung singkat dan arus beban lebih. Pada jenis tertentu, pengaman ini memiliki kemampuan pemutusan yang bisa diatur sesuai dengan yang diinginkan.

6.Mini Circuit Breaker (MCB)

Mini Circuit Breaker (MCB) mempunyai fungsi sebagai alat pengaman arus lebih. MCB ini melindungi arus lebih yang disebabkan terjadinya beban lebih serta arus lebih karena adanya hubungan pendek. Dengan demikian prinsip dasar bekerjanya yakni untuk pemutusan hubungan yang disebabkan beban lebih dengan relai arus lebih seketika dipakai electromagnet.

7.Grounding

Grounding berfungsi sebagai pengaman listrik. Pengaman listrik akibat dari beberapa kabel yg terkelupas dan mengenai body part peralatan elektonik atau peralatan listrik yg selanjutnya mengenai orang. Dengan adanya komponen panel listrik ini maka aliran listrik yg tak berfungsi akan dibumikan.

8.Current Transformer (CT)

Current Transformer (CT) adalah komponen panel listrik dari bahan baja atau metal dalam bentuk lingkaran atau gelang persegi dan tengahnya berlubang. Komponen dari panel listrik ini memiliki fungsi sebagai penurun arus dan atau tegangan pada box panel.

9.Ground Foult Circuit Interruption (GFCI)

Ground Foult Circuit Interruption (GFCI) adalah sejenis Circuit Breaker yg bereaksi lebih cepat dari MCB. Komponen panel listrik ini memantau listrik lebih rinci serta jika terdapat short maupun kabel terkelupas serta mengenai manusia, tidak mengakibatkan kematian.

Semoga penjelasan ini bisa dipahami, dan jika anda ingin memesan sebuah panel LVMDP sesuai keinginan anda bisa menghubungi kami dengan kontak yang ada di website ini, dan anda juga bisa berkonsultasi dengan kami.