Teknologi Cloud Dapat Menyimpan Data Perusahaan Dengan Aman

Teknologi Cloud Dapat Menyimpan Data Perusahaan Dengan Aman
Teknologi Cloud merupakan system teknologi informasi dan komunikasi yang banyak dipakai oleh para pebisnis skala besar, Cloud Computing secara sederhana merupakan pengiriman berbagai layanan komputasi, termasuk server, perangkat lunak, penyimpanan data, database, jaringan, serta analitik melalui internet.

Saat ini, banyak bisnis menggunakan teknologi cloud karena saat bisnis semakin besar dan berkembang, jumlah data yang diproduksi juga akan semakin banyak. Bisnis butuh kemudahan dalam mengakses data dalam jumlah besar agar bisa dimanfaatkan untuk keuntungan bisnis. Tertarik mengenal lebih jauh apa itu teknologi Cloud.

Cloud computing memiliki beragam manfaat, selain menyediakan sistem penyimpanan yang tak terbatas. Berikut sejumlah manfaat mengadaptasi cloud computing.

  1. Kemudahan kolaborasi

Cloud computing juga menawarkan kemudahan kolaborasi. Bagi perusahaan yang memiliki jumlah karyawan cukup banyak, memprioritaskan kolaborasi penting dilakukan. Sistem cloud computing bisa dimanfaatkan untuk membuat kolaborasi menjadi proses sederhana karena setiap anggota tim bisa melihat dan berbagi informasi di seluruh platform berbasis cloud. Sistemnya yang lebih cepat dan canggih juga memungkinkan setiap anggota tim melakukan pemindahan data ke cloud tanpa repot.

2. Keamanan data

Manfaat mengadaptasi cloud computing yang pertama adalah keamanan data. Cloud computing memiliki keamanan data yang relatif lebih terjamin karena masalah keamanan sudah diantisipasi oleh cloud hosting. Jadi, pengguna sistem ini tidak lagi perlu khawatir soal menyimpan semua data perusahaan di satu tempat yang bisa diakses dari mana saja.

Dilengkapi sistem keamanan tangguh berupa enkripsi data, cloud computing memastikan keamanan data yang terjaga. Sistem keamanan yang kokoh membuat database cloud sangat sulit ditembus oleh peretas sehingga menjamin keamanan data.

3. Penyimpanan tak terbatas

Kapasitas penyimpanan cloud computing relatif lebih besar, bahkan tak terbatas. Manfaat ini membuat cloud computing menjadi solusi bagi kebutuhan penyimpanan banyak perusahaan. Semakin menguntungkan karena cloud computing tidak butuh perangkat keras dalam melakukan penyimpanan data.

Penyimpanan tak terbatas juga membuat cloud computing sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan data dalam sistem akademik dalam jumlah yang tidak sedikit. Selain itu, sistem ini juga menarik karena menawarkan kemudahan penggunaan.

4. Akses lebih mudah

Cloud computing memiliki sistem yang membuat penggunanya bisa dengan mudah mengakses berbagai data yang tersimpan di dalam sistem. Kapan pun dan di mana pun, pengguna bisa membuka maupun mengakses semua data dengan mudah dan praktis selama terkoneksi dengan jaringan internet.

Cloud computing juga memudahkan penggunanya dalam kegiatan sehari-hari berkat penyimpanannya yang berbentuk virtual. Pengguna tidak perlu repot membawa hardware untuk membuka semua file atau data yang diinginkan jika menggunakan cloud computing. Dengan demikian, cloud computing mendukung proses bisnis yang berjalan lebih cepat dan produktif.

  1. Penyimpanan tak terbatas

Kapasitas penyimpanan cloud computing relatif lebih besar, bahkan tak terbatas. Manfaat ini membuat cloud computing menjadi solusi bagi kebutuhan penyimpanan banyak perusahaan. Semakin menguntungkan karena cloud computing tidak butuh perangkat keras dalam melakukan penyimpanan data.

Penyimpanan tak terbatas juga membuat teknologi cloud computing sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan data dalam sistem akademik dalam jumlah yang tidak sedikit. Selain itu, sistem ini juga menarik karena menawarkan kemudahan penggunaan.

PT Semen Indonesia (SIG) bekerja sama dengan Amazon Web Services (AWS) melakukan percepatan transformasi digital dengan memanfaatkan teknologi Cloud.

Kerja sama ini dilakukan untuk meningkatkan keandalan, fleksibilitas dan keamanan dari sistem teknologi informasi dan komunikasi yang dimiliki oleh SIG.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko SIG, Andriano Hosny Panangian mengatakan, transformasi digital SIG berfokus pada proses bisnis utama mulai dari produksi, supply chain, keuangan, pemasaran, serta penjualan.

Menurutnya, semua aktivitas tersebut perlu didukung infrastruktur teknologi yang memadai, fleksibel dan terus berkembang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

“Kemampuan untuk beradaptasi dan menganalisa data merupakan salah satu faktor penting untuk memastikan keberlangsungan dan meningkatkan daya saing perusahaan,” kata Andriano dalam keterangannya, Rabu (28/9/2022).

Group Head Information & Communication Technology SIG, Anindio Daneswara menambahkan, perseroan memanfaatkan teknologi cloud dalam melakukan standardisasi untuk menyederhanakan proses penyediaan sumber daya teknologi informasi, dan sekaligus meningkatkan faktor keamanan serta keandalannya.

SIG juga dapat menggunakan banyak pilihan teknologi yang tersedia di tenologi cloud, meliputi pemrosesan dan penyimpanan data, serta pengembangan lebih jauh dengan memanfaatkan kemampuan Data Analytics dan AI (artificial intelligence).

Ia menyebut, saat ini Group ICT SIG telah berhasil melakukan migrasi 90 persen dari sistem aplikasi prioritas dan utama ke cloud.

Migrasi ini, kata Anindio, diperkirakan akan meningkatkan kecepatan proses komputasi hingga 1,6 kali dan berkontribusi pada peningkatan efisiensi penggunaan computing resources sebesar 20 persen.

“Secara umum, dengan cost leadership dari penggunaan teknologi cloud, kita mempunyai potensi penurunan biaya operasional sekitar 30-40% serta meningkatkan faktor keamanan yang tersedia di teknologi cloud,” katanya.

Sumber: Rangkuman dari beberapa media