Warning: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, function 'zexit_init' not found or invalid function name in /home/elconindotechnic/public_html/wp-includes/class-wp-hook.php on line 324
Keunggulan Busbar Dalam Penghantar Arus Listrik
Sabtu, Februari 24, 2024
spot_img

Keunggulan Busbar Dalam Penghantar Arus Listrik

Batang konduktor padat atau yang dikenal dengan Busbar adalah kuningan atau aluminium yang mampu untuk menghantarkan arus listrik, seperti yang pernah anda lihat didalam panel listrik , busbar sangat efektif untuk membawa arus tinggi yang mana sebagian besar kabel listrik akan mudah terbakar.

Busbar biasanya berupa strip datar atau tabung berlubang karena bentuk ini memungkinkan meradiasikan lebih efisien karena luas permukaannya yang tinggi terhadap rasio luas penampang.

Bagian berongga memiliki kekakuan yang lebih tinggi daripada batang solid dengan kapasitas arus yang setara, yang memungkinkan rentang yang lebih besar antara penopang busbar di halaman sakelar luar.

Ukuran busbar tidak semata-mata ditentukan oleh arus saja. Kenaikan suhunya harus dalam spesifikasi yang diperbolehkan dalam standar nasional atau internasional. Standar yang kita bicarakan adalah:

  • Standar Inggris, BS 159,
  • Standar Amerika, ANSI C37.20, dan
  • Dll

British Standard, BS 159 menyatakan bahwa kenaikan suhu maksimum 50oC lebih tinggi dari suhu lingkungan dalam 24 jam. Suhu sekitar 35oC sampai 40oC pada puncaknya.

American Standard, ANSI C37.20 menyatakan bahwa kenaikan suhu maksimum 65oC lebih tinggi dari suhu lingkungan dalam 24 jam. Temperatur sekitar 40oC dan digunakan baut terminasi berlapis perak. Jika tidak ada baut yang terpasang, kenaikan suhu yang diijinkan adalah 30oC.

Ide dasar tentang cara mengukur busbar tembaga adalah 2 Amps/1 Sq.mm (mm2) atau 1250 Amps/1 Sq.in (in2), ini bisa berbeda di beberapa negara. Tentu saja, ini seperti keputusan “pertolongan pertama”, tetapi keputusan akhir harus mengandalkan lebih banyak faktor. Kalian harus memeriksa katalog pabrikan.

Busbar dapat disupport pada isolator, atau insulasi mungkin benar-benar mengelilinginya. Busbar dilindungi dari kontak tidak langsung baik oleh selungkup logam yang dibumikan atau dengan di luar jangkauan normal.

Busbar netral juga dapat diisolasi. Busbar pembumian (pembumian pengaman) biasanya telanjang dan dibautkan langsung ke sasis logam apa pun pada penutupnya. Busbar dapat ditutup dalam rumah logam, dalam bentuk saluran busduct atau busway, bus fase-terpisah, atau bus fase-terisolasi.

Busbar dapat dihubungkan satu sama lain dan keperalatan listrik dengan koneksi baut, penjepit, atau dilas. Seringkali sambungan antara bagian busbar arus besar memiliki permukaan yang serasi yang berlapis perak untuk mengurangi resistensi kontak.

Pada voltase ekstra tinggi (lebih dari 300 kV) di busbar pasangan luar, korona di sekitar koneksi menjadi sumber gangguan frekuensi radio dan losses, sehingga fitting sambunagn yang dirancang untuk tegangan tinggi ini digunakan.

Busbar biasanya terdapat di dalam switchgear, papan panel, atau busway. Papan distribusi membagi pasokan listrik ke sirkuit terpisah di satu lokasi. Busway atau busduct, adalah busbar panjang dengan penutup pelindung. Daripada bercabang pasokan utama di satu lokasi, mereka memungkinkan sirkuit baru untuk bercabang di mana saja di sepanjang rute busway.

Keuntungan

Berikut ini adalah beberapa keunggulan sistem trunking Bus bar dibandingkan sistem pemasangan kabel normal: –

  • Waktu pemasangan berkurang dibandingkan dengan jaringan kabel, sehingga ada penghematan biaya.
  • Memberikan peningkatan fleksibilitas dalam desain dan fleksibilitas sehubungan dengan modifikasi di masa depan.
  • Keamanan lebih baik dan ketenangan pikiran bagi pembuat spesifikasi, kontraktor, dan pengguna akhir.
  • Karena kesederhanaan busbar, mudah untuk memperkirakan biaya mulai dari tahap desain / perkiraan hingga pemasangan di lokasi. Ini karena karakteristik teknis dan harga setiap komponen sudah diketahui.
  • Busbar mendistribusikan daya sepanjang panjangnya melalui titik-titik tap-off di sepanjang busbar pada umumnya 0,5 atau 1 m. Unit tap-off dicolokkan di sepanjang busbar untuk memasok beban; ini bisa berupa papan distribusi sub atau, di pabrik, ke mesin individual. Tap-off biasanya dapat ditambahkan atau dilepas dengan busbar secara online, sehingga menghilangkan waktu henti produksi.
  • Terpasang secara vertikal, sistem yang sama dapat digunakan untuk aplikasi listrik naik, dengan tap-off menyuplai lantai individu. Penghalang api bersertifikat tersedia di titik-titik di mana busbar melewati slab lantai.
  • Perangkat proteksi seperti sekering, sakelar sakelar atau pemutus sirkuit terletak di sepanjang busbar run, mengurangi kebutuhan akan papan distribusi besar dan sejumlah besar kabel distribusi berjalan ke dan dari peralatan yang dipasang.
  • Sangat kompak sehingga memberikan penghematan ruang.
  • Di mana estetika harus dipertimbangkan, trunking busbar dapat dipasang dengan finishing galvanis, aluminium, atau cat alami. Warna khusus untuk mencocokkan papan tombol atau skema warna tertentu juga tersedia berdasarkan permintaan.
  • Trunking busbar memiliki beberapa keunggulan utama dibandingkan bentuk distribusi daya konvensional termasuk: –
  • (a) Berkurangnya, waktu pemasangan di lokasi bila dibandingkan dengan sistem berkabel sehingga mengarah pada penghematan biaya.
    • Peningkatan fleksibilitas dalam desain dan keserbagunaan sehubungan dengan modifikasi di masa depan.
    • Peningkatan fitur keselamatan disebabkan oleh penggunaan komponen berkualitas tinggi yang diproduksi, yang memberikan keamanan dan ketenangan pikiran yang lebih besar untuk spesifikasi, kontraktor, dan pengguna akhir
  • Distribusi arus yang tidak merata terjadi di mana beberapa jalur kabel digunakan secara paralel.
  • Trunking busbar memiliki titik-titik tap-off secara berkala sepanjang masing-masing panjang untuk memungkinkan daya dilepas dan didistribusikan ke tempat yang dibutuhkan. Karena sepenuhnya
  • mandiri itu hanya perlu dipasang secara mekanis dan terhubung secara elektrik untuk dapat beroperasi.
  • Untuk peringkat distribusi daya yang lebih tinggi, kita perlu memiliki beberapa putaran kabel. Dalam kondisi seperti itu, distribusi arus yang tidak seimbang terjadi dan menyebabkan panas berlebih pada beberapa kabel. Ini sepenuhnya dihindari dalam sistem BTS.
  • Ketika beberapa kali penggunaan kabel digunakan, sering menyebabkan koneksi ujung yang tidak benar sehingga menyebabkan kontak yang terlalu panas, ujung kabel terbakar, dan merupakan penyebab utama kebakaran. Ini sepenuhnya dihindari dalam sistem Trunking Bus Bar.
  • Daya dukung saat ini Kapasitas pembawa busbar saat ini biasanya ditentukan oleh suhu maksimum di mana batang diizinkan untuk beroperasi, seperti yang didefinisikan oleh standar nasional dan internasional seperti Standar Inggris BS 159, Standar Amerika ANSI C37.20, dll.

Standar ini memberikan suhu maksimum naik serta suhu lingkungan maksimum. BS 159 menetapkan kenaikan suhu maksimum 50 ° C di atas suhu ruang rata-rata 24 jam hingga 35 ° C, dan suhu lingkungan puncak 40 ° C. ANSI C37.20 secara alternatif memungkinkan kenaikan suhu 65 ° C di atas suhu maksimum 40 ° C, asalkan digunakan terminasi berlapis perak (atau alternatif yang dapat diterima) digunakan.

Jika tidak, kenaikan suhu 30 ° C diizinkan. Metode perkiraan perkiraan daya dukung busbar tembaga saat ini adalah dengan mengasumsikan kerapatan arus 2 A / mm2 (1250 A / in2) di udara diam.

Metode ini seharusnya hanya digunakan untuk memperkirakan ukuran busbar yang mungkin, ukuran akhir dipilih setelah pertimbangan diberikan pada metode perhitungan. Lihat katalog produsen.

Aturan jempol yang lebih populer diikuti di India adalah untuk mengasumsikan kepadatan saat ini 1,0 Amps / Sq.mm untuk Aluminium dan 1,6 Amps untuk Tembaga untuk profil konduktor persegi panjang standar.

Related Articles

Hot Topics

Sains & Teknologi

5 Smartwatch Garmin Cocok Untuk Wanita

Perusahaan smartwacth Garmin membuat beberapa jam tangan pintar terbaik...

Apple Rilis iPhone 15 dan 15 Pro, Cek Harga Disini

Apple akhirnya merilis jajaran iPhone 15 terbaru melalui event...

Dituding Sering Cemarkan Udara, PLN Jelaskan Kecanggihan Kendali Emisi

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) menjadi sorotan karena dituding...

Sutra Laba-Laba Lebih Kuat 3 kali lipat dari serat sintetis

Sutra laba-laba adalah salah satu biomaterial berserat luar biasa...

Starlink Milik Elon Musk Masuk Indonesia, Satelit Satria-1 Terancam

Satelit Low Earth Orbit (LEO) Starlink milik Elon Musk akan...

Dengan Teknologi MOXIE, NASA Berhasil Ciptakan Oksigen di Planet Mars

Penjelajah Perseverance NASA, yang mendarat di Planet Mars pada...

Body Battery Germin Dapat Memantau Energi Tubuh

Fitur Body Battery bekerja dengan terus menganalisis kombinasi detak...

Artikel Terkini