Penyebab Motor Induksi 3 Phasa Tiba-Tiba Trip

Penyebab Motor Induksi 3 Phasa Tiba-Tiba Trip
Memang banyak penyebab yang bisa menyebabkan elektrik motor tersebut terbakar, diantaranya adalah single phasing, masalah pada rotor, overload, terkontaminasi, usia pakai, masalah pada bearing, dan lain sebagainya

Secara umum gangguan gagal phasa pada motor akan mengganggu peralatan yang memang menggunakan sumber 3 phasa , seperti fan, belt conveyor, mill dan lain lain yang menggunakan motor 3 phasa sebagai penggeraknya. Beberapa systim tersebut akan menimbulkan efek perubahan arus yang mengalir dan “panas” bila hal itu terjadi, seperti overload dan single.

Panas, kotor, lembab, vibrasi, dan kualitas dari sumber listrik. Energi mekanik ini digunakan untuk memutar impeller pompa, fan atau blower, menggerakan kompresor, mengangkat bahan, dll.

Kerusakan lain pada motor sering terjadi akibat

  • Panas
  • Kotor
  • Lembeb
  • Vibrasi
  • Kualitas aliran listrik kurang bagus

– Panas / Over-heating

Over-heating atau panas yang berlebihan dapat mengurangai usia motor hingga 50%, penyebab utama terjadinya panas berlebihan adalah daya motor yang terlalu kecil sehingga motor menjadi over current, namun jika memilih daya motor yang besar dapat mengakibatkan pemakaian power menjadi boros.

Motor yang dipasang starting dapat menimbulkan arus starting yang terlampau besar sehingga dapat menimbulkan panas yang berlebihan, apalagi sering dilakukan start/stop yang berlebihan

Ventilasi ruangan yang kurang baik dapat menyebabkan motor menjadi panas, system pendingin motor akan bekerja tidak maksimal jika di dalam ruangan tersebut tidak ada system ventilasi yang baik.

– Motor kotor

Jarangnya dilakukan maintenance servis terhadap motor dapat mengakibatkan penumpukan debu di di cover luar ventilasi pendingin, sehingga dapat mengganggu jalannya kipas pendingin motor.

– Kondisi motor lembab

Kelembaban pada motor juga dapat merusak komponen listrik dan mechanical pada motor yang dapat menimbulkan korosi yang berlebihan sehingga terganggunya system kerja bearing, rotor, statot, leminasi yang dapat mengakibatkan degradasi atau kerusakan isolasi.

– Vibrasi yang tinggi

Sering terjadi kerusakan yang mengakibatkan yang sangat fatal yang disebabkan oleh bearing macet hingga menimbulkan panas yang tinggi bahkan bisa terjadi motor terbakar.

Penyebab lain vibrasi tinggi

Misalignment motor terhada load

Kendor pada pondasi

Rotor unbalance

Akumulasi karat atau kotoran pada komponen putar

– Kualitas daya listrik yang kurang bagus

Voltage spike akibat power switching atau kena serangan petir dapat merusak isolasi winding, voltage yang tidak balance sehingga kerja motor yang tidak maksimal dapat merusak system kerja motor