Mesin Roll Forming Pembuat atap baja ringan

Mesin Roll Forming Pembuat truss dan atap baja ringan
Beberapa tahun belakangan ini muncul manufaktur mesin roll forming di beberapa kota besar di Indonesia dan tentunya dengan hadirnya mesin pembuatan truss dan atap baja ringan membuat pengusaha yang bergerak dibidang ini akan bekerja lebih ringan.

Sebelum kemunculan mesin roll forming ini di Indonesia, semua orang menyangka bahwa produk truss dan atap baja ringan hanya dapat dihasilkan oleh industri-industri besar karena harus membutuhkan modal yang cukup besar dan mesin untuk mengolah truss dan atap baja ringan ini harus impor dan hasil dari manufaktur internasional sehingga harga jualnya sangat tinggi.

Dengan harganya yang murah, mesin ini mampu menghasilkan produk yang berkualitas dan mampu bersaing dengan mesin pembuatan truss dan atap baja ringan yang memiliki harga mahal.

Kali ini kami akan mengulas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan mesin roll forming dimulai dari pengertian dan jenis dari mesin roll forming. Namun sebelum itu, alangkah baiknya akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai pengertian dari roll forming itu sendiri. Simak ulasannya di bawah ini!

Roll forming yang juga disebut dengan contour roll forming merupakan proses pembengkokan kontinu dimana rol yang berlawanan akan digunakan untuk menghasilkan bentuk profil panjang atau gulungan. Bahan awal dari proses ini adalah gulungan lembaran berbentuk logam. Dari lembaran akan menghasilkan profil panjang yang biasanya memerlukan beberapa pasang rol yang akan dirancang agar membentuk benda kerja secara bertahap.

Biasanya produk yang dihasilkan roll forming dapat berupa saluran, talang, pipa, tabung dengan sambungan dan berbagai macam komponen struktural. Meskipun tampilan dari roll forming seperti rolling, namun keduanya berbeda. Perbedaannya terletak pada sistem kerjanya dimana roll forming membengkokkan benda kerja, sedangkan rolling menekan benda kerja.

Mesin roll forming merupakan mesin yang bekerja mencetak bentuk pada lempeng baja ringan atau logam dengan menekan sebuah alat yang digunakan untuk membentuk menjadi beberapa bagian seperti berongga, simetris dari lembar atau performed billet. Mesin roll forming termasuk perkakas utama dalam industri pembuatan truss dan atap baja ringan yang saat ini menjadi tren di dunia infrastuktur.

Pada awalnya, fungsi dari truss dan atap baja ringan adalah pengganti asbes yang mana asbes mengandung residu yang dapat mengganggu pernapasan jika terhirup dan masuk ke dalam paru-paru, sedangkan truss dan atap baja ringan bebas dari residu, lebih kuat, tahan guncangan, tahan rayap dan tidak cepat aus. Namun saat ini, truss dan atap baja ringan berfungsi sebagai pengganti kayu balok blandar tiang atap bahkan juga dapat digunakan sebagai penyangga bangunan utama sehingga truss dan atap baja ringan dianggap menjadi solusi terbaik untuk menjaga kelestarian alam.

Beberapa tahun lalu, ketika atap jenis baja ringan baru masuk ke pasar Indonesia, mesin roll forming termasuk barang impor dengan harga tinggi untuk ukuran giant. Semakin berkembangnya teknologi saat ini baik di pasar lokal maupun di dunia, muncul jenis mesin roll forming dengan kapasitas dan ukuran yang lebih kecil, tentunya dibandrol dengan harga yang terjangkau yang dikenal dengan mesin roll forming ekonomis.

Dengan keberadaan mesin roll forming ekonomis ini, semua orang dapat membuka usaha produksi truss dan atap baja ringan dengan skala ukm dan modal yang kecil. Bagi pemula, memulai suatu usaha dari skala kecil sangat penting karena di tahap awal tentunya pemula belum memiliki manajemen pasar yang kuat dan modal yang besar. Jadi, memproduksi truss dan atap ringan dengan terbatas akan lebih efektif.

Hal yang menjadi keistimewaan dari jenis mesin roll forming ekonomis adalah meskipun harga yang dibandrol relatif murah namun tidak serta merta menurunkan kualitas produk yang dihasilkan. Mesin roll forming ekonomis termasuk produk lokal namun masih mampu untuk bersaing mutu dengan produk impor dari Jepang, China, maupun Rusia. Mesin roll forming ekonomis mampu untuk menghasilkan sebuah truss dan atap baja ringan dengan kualitas yang sama baiknya dengan hasil produk dari industri-industri besar.

Cara kerja mesin roll forming ketika beroperasi yaitu dengan menggunakan sistem rangkaian rolling baja keras yang bekerja dengan sistem berangkai untuk membentuk  sebuah lekukan dalam plat baja ringan. Rangkaian rolling ini sangat perlu untuk diatur pada bagian tata letaknya sesuai dengan pola atur yang ada pada truss dan atap baja ringan yang ingin dibentuk sesuai dengan yang diinginkan.

Ukuran mesin roll forming bergantung pada ukuran dari lempeng logam yang akan dikerjakan. Untuk pembuatan atap, ukuran mesin roll forming harus disesuaikan dengan ukuran dari plat bahan baku untuk pembuatan atap yang memiliki ukuran lempeng lebih lebar sehingga membutuhkan mesin roll forming yang lebar. Sedangkan untuk pembuatan truss baja ringan, ukuran mesin roll forming yang dibutuhkan yaitu ukurannya yang lebih kecil karena biasanya lempeng yang digunakan berukuran lebih kecil namun memanjang.

Setelah memahami pengertian dari mesin roll forming, maka berikut ini akan dipaparkan dua jenis dari mesin roll forming, yaitu:

1. Mesin roll forming type site equipment

Mesin roll forming type site equipment termasuk salah satu mesin roll forming yang berbentuk rakitan sehingga ukuran dari jenis mesin ini dapat dikatakan lebih fleksible dan portable dari pada jenis mesin roll forming type plant equipment. Dengan menggunakan mesin jenis type site equipment tidak dapat menghasilkan truss dan atap dengan ukuran yang lebar, namun dapat menghasilkan truss dan atap baja ringan dalam bentuk yang ekstra panjang yang biasanya dapat mencapai 200 kaki yang dilakukan dengan cara menambahkan rangkaian mesin penyangga lempeng.

Jenis mesin ini dapat menghasilkan produk yang lebih panjang karena sistem kerja jenis mesin ini dapat membuat rangkaian sambungan bagan rolling baja hingga bermeter-meter panjangnya secara rakitan. Ukuran sepanjang itu biasanya banyak digunakan untuk pembangunan “building” dengan struktur yang besar seperti pertokoan. Kelemahannya jenis mesin roll forming type site equipment dapat bekerja dengan kecepatan sedang saja.

2. Mesin roll forming type plant equipment

Mesin roll forming dengan jenis type plant equipment ini ditanamkan secara permanen di pabrik. Biasanya jenis mesin ini memiliki ukuran yang besar dengan kecepatan tinggi sekitar 150 m per menitnya. Jadi, sudah jelas jika mesin roll forming type plant equipment ini tidak bisa bergerak dan tidak mudah untuk dipindahkan karena ukurannya yang sangat besar. Dengan ukuran yang sangat besar, mesin type plant equipment ini dapat memproduksi lempeng yang berukuran ekstra besar dimana akan menghasilkan atap wide yang memiliki ukuran di atas 10 m. Atap wide ini biasanya digunakan dalam pembangunan gedung-gedung luas seperti supermarket, gudang, arena olahraga, aula, dan sebagainya.