Minggu, April 21, 2024
spot_img

Arti Arus Eddy Current

Eddy Current atau arus pusar merupakan fenomena elektromagnetik yang seringkali dijumpai dalam industri. perputaran (loop) arus listrik yang diinduksi dalam konduktor oleh medan magnet yang berubah, menurut hukum induksi Faraday atau oleh gerakan relatif konduktor dalam medan magnet.

Eddy current mengalir dalam loop tertutup di dalam konduktor dengan bidang yang tegak lurus terhadap medan magnet. Konsep ini melibatkan interaksi antara medan magnet dan arus listrik yang dapat digunakan untuk deteksi kecacatan pada material, pengukuran ketebalan material, dan banyak lagi.

Arus Eddy Current dapat diinduksi dalam konduktor stasioner terdekat oleh medan magnet yang bervariasi dan dapat diciptakan oleh elektromagnet atau transformator AC. Arus eddy dapat diinduksi oleh gerakan relatif antara magnet dan konduktor terdekat.

Dalam sebuah kendaraan kita pernah melihat speedometer. Pada speedometer, sebuah magnet kecil dihubungkan pada poros utama kendaraan. Sesuai dengan kecepatan kendaraan, ia berputar. Karena pengaruh arus eddy, gerak putaran berlawanan dan penunjuk dibelokkan melalui sudut tertentu. Penunjuk yang terpasang pada skala yang dikalibrasi menunjukkan kecepatan kendaraan.

Gaya gerak listrik induksi dihasilkan dalam kumparan ketika ada perubahan fluks magnet yang dihubungkan dengan kumparan tersebut. Arus Eddy dinamakan demikian karena arusnya terlihat seperti pusaran air atau pusaran air. Ketika sebuah konduktor ditempatkan pada medan magnet yang berubah, arus induksi pada konduktor disebut arus Eddy.

Besarnya arus dalam loop tertentu sebanding dengan kekuatan medan magnet, luas loop, dan laju perubahan fluks, dan berbanding terbalik dengan resistivitas material. Ketika digambarkan, arus melingkar dalam sepotong logam ini terlihat samar-samar seperti pusaran atau pusaran air dalam cairan.

Seperti hukum Lenz, ada banyak eksperimen yang dilakukan untuk menjelaskan arus eddy. Pengujian pertama menunjukkan bahwa di dalam solenoid, inti besi lunak dimasukkan dan dihubungkan ke gaya gerak listrik bolak-balik. Ketika piringan logam diletakkan di atas inti besi lunak, rangkaian akan menyala dan ketika rangkaian dihidupkan, piringan logam akan terlempar menjauhi inti besi.

Arus eddy akan muncul pada material, ketika material konduktif listrik ditempatkan dalam kumparan medan magnet, terjadi induksi elektromagnetik

Besarnya arus eddy menghasilkan arus yang besar karena resistansi konduktor logam menjadi rendah. Hal ini dapat menghasilkan efek yang tidak diinginkan jika arus eddy yang besar dibiarkan masuk ke inti kumparan tersedak, transformator, dll.

Dengan memanfaatkan inti yang dilaminasi, arus eddy yang dihasilkan di inti transformator berkurang. Saat ini, rem listrik disediakan di kereta selain rem vakum.

Pertanyaan yang sering ditemui:

1.Apa itu arus eddy?

> Lingkaran arus listrik diinduksi di dalam konduktor oleh perubahan medan magnet di konduktor sesuai dengan hukum induksi Faraday.

2.Apa itu gaya gerak listrik?

> Potensi listrik yang dihasilkan oleh sel elektrokimia atau dengan mengubah medan magnet dikenal sebagai gaya gerak listrik.

3.Seperti apa bentuk arus eddy?

> Arus Eddy terlihat seperti pusaran atau pusaran air.

4.Berapa arus induksi pada konduktor yang diketahui ketika sebuah konduktor ditempatkan pada medan magnet yang berubah?

> Ini dikenal sebagai arus Eddy.

Related Articles

Hot Topics

Sains & Teknologi

5 Smartwatch Garmin Cocok Untuk Wanita

Perusahaan smartwacth Garmin membuat beberapa jam tangan pintar terbaik...

Apple Rilis iPhone 15 dan 15 Pro, Cek Harga Disini

Apple akhirnya merilis jajaran iPhone 15 terbaru melalui event...

Dituding Sering Cemarkan Udara, PLN Jelaskan Kecanggihan Kendali Emisi

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) menjadi sorotan karena dituding...

Sutra Laba-Laba Lebih Kuat 3 kali lipat dari serat sintetis

Sutra laba-laba adalah salah satu biomaterial berserat luar biasa...

Starlink Milik Elon Musk Masuk Indonesia, Satelit Satria-1 Terancam

Satelit Low Earth Orbit (LEO) Starlink milik Elon Musk akan...

Dengan Teknologi MOXIE, NASA Berhasil Ciptakan Oksigen di Planet Mars

Penjelajah Perseverance NASA, yang mendarat di Planet Mars pada...

Body Battery Germin Dapat Memantau Energi Tubuh

Fitur Body Battery bekerja dengan terus menganalisis kombinasi detak...

Artikel Terkini